Cara menghapus data pinjaman online

Banyak beredar cerita di masyarakat yang menerima teror pinjaman online, meskipun hutang pinjol telah mereka lunasi. Namun sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang mengetahui cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjaman online. Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Simak cara menghapus data dari pinjaman online berikut ini.

 

1. Menghubungi nomor layanan pelanggan dari pinjaman online

 

Cara ini bisa dilakukan jika Anda telah melunasi pinjaman sesuai dengan tenor dan jumlah yang dibayarkan. Pastikan juga, Anda menerima dan menyimpan bukti pembayaran pinjaman dengan baik agar bisa menunjukkannya jika diminta sebagai dokumen pendukung untuk proses penghapusan data.

Anda disarankan untuk menghubungi nomor layanan agar layanan bisa didapatkan secara interaktif.

2. Hapus Data Secara Manual dari Smartphone

Jika belum melunasi pinjaman namun ingin menghapus data dari pinjaman online, Anda bisa melakukannya sendiri dari pengaturan smartphone. Sayangnya cara ini keberhasilannya belum 100% karena tidak ada konfirmasi yang dilakukan dengan pihak pinjaman online.

Lakukan cara berikut.

  1. Buka pengaturan smartphone
  2. Gulir ke bagian aplikasi
  3. Pilih aplikasi pinjaman online yang akan dihapus datanya
  4. Pilih opsi hapus cache

3. Menghapus Aplikasi Pinjaman

 

Cara ini sangat disarankan jika Anda sudah terdaftar sebagai pengguna aplikasi pinjaman online yang belum mengajukan pinjaman. Inilah cara selengkapnya untuk menghapus aplikasi pinjaman.

  1. Buka menu
  2. Jika melihat icon aplikasi pinjaman online, jangan langsung membukanya
  3. Tahan icon tersebut selama beberapa saat hingga muncul opsi “uninstall”
  4. Klik “uninstall”

 

4. Melakukan Penggantian SIM Card

 

Cara ini akan lebih efektif jika Anda telah menjalankan alternatif 1,2, dan 3 dalam penghapusan data pinjaman online. Penggantian ini bertujuan untuk melindungi Anda dari spam SMS penawaran pinjaman online yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

5. Hubungi OJK

OJK bergerak untuk mengawasi pinjaman online di Indonesia. Jika Anda sudah melakukan segala upaya untuk penghapusan data namun masih mendapatkan ketidaknyamanan atas penyalahgunaan data oleh pinjaman online, hubungi layanan pelanggan OJK.